Monday, June 7, 2010

Salah Tulis Situs Yang Menghasilkan Jutaan Dollar $$$


Apa yang akan terjadi jika kita salah mengetik google.com di browser? misalnya kita menulis "gogole.com", sudah tentu kita akan mengarah kepada alamat situs lain, boro-boro mengarah kedalam situs mesin pencari yang kita maksud. Hal yang sama juga terjadi pada situs popuer ainnya, semisal panodra bukannya pandora, dan masih banyak yang lainnya.


Tapi tahukah anda jika hal ini malah menguntungkan google?? Karena kesalahan pengetikan seperti ini, dikabarkan Google berpotensi mendapatkan profit sebesar US$ 500 juta per tahunnya.



Hal ini disebabkan adanya sebuah aksi yang dinamakan dengan "typosquatting" didunia internet. Ini merupakan bentuk aksi "cybersquating" (memanipulasi nama domain yang belum pernah dibeli orang) untuk nama domain yang salah eja.


Di situs salah ketik itu biasanya hanya tampil iklan-iklan saja. Nah, iklan itu kebanyakan konon berasal dari layanan Google yang artinya Google juga mendapatkan bagian.


Masalah ini diteliti oleh Tyler Moore dan Benjamin Edelman dari Harvard University. Mereka mengatakan Google telah mensuplai iklan pada sekitar 60% situs-situs kecohan yang ada.


Tak heran, lanjut peneliti itu, jika Google meraup banyak uang dari sini. Diperkirakan jumlahnya bisa mencapai USD 500 juta per tahun (sekitar Rp 4,7 triliun).


Pendapatan Google sendiri pada tahun 2009 diketahui mencapai US$ 23 miliar (kurang lebih Rp 214 triliun). Dari jumlah itu, sebanyak 97%-nya datang dari iklan.



Sekadar catatan, penggunaan screenshoot 'Gogole' dalam tulisan ini adalah untuk keperluan ilustrasi belaka. Nama domain Gogole.com sendiri nampaknya telah 'diselamatkan' oleh Pakde Google

0 comments:

Post a Comment