Sunday, April 19, 2009

Unlock Phenom II X3 (Triple Core) ke Phenom II X4 (Quad Core)

Phenom X3 merupakan processor yang dibuat oleh AMD yang mempunya jumlah inti (core) sebanyak 3 buah. Versi awal dari processor ini adalah Phenom X3 yang diberi code name “Toliman”, dengan beberapa seri antara lain Phenom X3 8450 (2,1 Ghz) , Phenom X3 8650 (2,3 Ghz) , dan Phenom X3 8750 (2,4 Ghz). Beberapa hari yang lalu sudah mulai beredar Phenom II X3 dengan code name “Deneb” dengan seri Phenom II X3 710 BE (2,6 Ghz) dan Phenom II X3 720 BE (2,8 Ghz), perbedaan dengan Phenom X3 sebelumnya adalah L3 Cache seri ini 6 MB dan fabrikasi 45 nm, sama persis dengan processor AMD Phenom II X4.


Spesifikasi antara AMD Phenom II X3 dengan Phenom II X4 yang mirip tersebut menimbulkan rasa penasaran bagi beberapa orang, bahwa memang benar adanya kalau AMD Phenom X3 (Triple Core) adalah Phenom X4 (Quad Core) yang hanya dimatikan salah satu inti corenya. AMD melakukan penonaktifan salah satu core karena inti core yang sedikit tidak stabil atau karena benar-benar rusak. Nah dari situlah maka tidak ada salahnya untuk mencoba trik ringan yang bisa membuka core keempat dari Phenom II X3.


Untuk melakukan unlock Phenom II X3 triple core menjadi quad core sementara ini hanya bisa dilakukan dengan menggunakan mainboard dengan chipset AMD 790 saja. Cara yang dapat dilakukan cukup mudah , yaitu hanya dengan mengaktifkan fitur ACC (Advanced Clock Calibration) yang ada pada setting BIOS dengan konfigurasi “AUTO”. Beberapa merk mainboard yang sudah berhasil menggunakan trik ini antara lain :




  • Biostar TForce TA 790GX3 A2 +

  • Biostar TA790GX 128M

  • DFI LP DX 790FXB-M2RS

  • ASRock M3A790GXH

  • Asus M3A79-T Deluxe

  • Gigabyte GA-MA790GP-DS4H


Mainboard tersebut rata-rata menggunakan AMI BIOS, untuk seri Asus M3A79-T harus menggunakan tipe bios terbaru ( bisa didownload melalui website ) untuk melakukan trik ini, sedangkan mainboard yang lain tidak harus melakukan flashing (update) BIOS terlebih dahulu.


Disamping menggunakan beberapa mainboard dengan chipset khusus seperti diatas, processor Phenom II X3 yang dapat diunlock menjadi X4 adalah processor yang mempunyai batch produk tertentu yaitu untuk AMD Phenom II X3 710 “0904” dan mempunyai stepping code “BPMW” .Sedangkan untuk AMD Phenom II X3 720 BE batch “0904 EPMW” dan “0904 CPCW” , penjelasan mengenai angka “0904” tersebut menandakan produksi tahun 2009 minggu ke-4. Kemungkinan besar batch yang lain pun dapat dilakukan unlocking, tetapi mungkin tingkat kestabilannya perlu di uji coba terlebih dahulu.



Setelah dilakukan unlocking processor AMD Phenom II X3 710 akan berganti nama menjadi AMD Phenom II X4 10 processor, dan AMD Phenom II X3 720 akan berganti nama menjadi AMD Phenom II X4 20 processor didalam string ID yang ditunjukan BIOS maupun string ID yang ditunjukkan software CPUZ.
Hasil yang diperoleh dari unlocking processor tersebut diatas cukup stabil untuk test pengujian menggunakan software Prime95 (menguji kestabilan) , SisoftSandra (menguji processor arithmetic benchmark), Cinebench 10 (menguji rendering gambar), dan 3Dmark 2006 (menguji kemampuan grafis). Jadi tidak ada salahnya bukan , jika mendapat harga yang lebih murah untuk sebuah processor Quad Core. Saat ini harga yang ditawarkan untuk processor AMD Phenom II X3 710 adalah sekitar 135 USD, sedangkan AMD Phenom II X3 720 adalah sekitar 155 USD. Processor AMD Phenom II X4 920 dan Phenom II X4 940, saat ini harganya masih berada diatas 200 USD.

Seluruh trik diatas dapat kamu lakukan sendiri , beberapa kemungkinan yang timbul mungkin adalah ketidakstabilan system, karena bisa jadi processor yang anda dapatkan tidak bagus untuk core ke-4 yang dinonaktifkan oleh pabrik AMD.


Submitted By : Lek Iwan

4 comments:

Wah saya kurang mudeng, tapi temen saya sangat fanatik sama AMD dan nggak mau pakek intel.
Kalo dibandingkan dengan intel, AMD Phenom II X3 setara intel apa ya Mas. Kayaknya dengan 3/4 core rasanya lebih oke dari core2 duo. Kali...........
Kenapa Mazblend nggak bikin blog domain sendiri khusus komputer, lumayan bisa untuk bisnis....

terima kasih mas.. Bagi orang yang suka game processor AMD emang jagonya, tp utk multimedia,rendering,editing,mixing,emulator,dan kerja2 berat lainnya intel masih rajanya. AMD Phenom II X3 itu kalau tidak salah setara dengan Intel Core2Quad yang versi Middle End bahkan dapat mendekati Core 2 Extreme QX9770.
untuk yang satu ini saya masih belum kepikiran mas.. saya merasa ilmu yang saya miliki masih belum cukup.. he..he. jadi belum siap untuk membuat rumah khusus utk komputer, apalagi buat bisnis..ngeri mas mbayangke..

Mas, saya mau tanya... saya baru beli processor AMD Phenom II X3 710 memakai batch 0912.... apakah itu sudah di test bisa di unlock the 4th core...? dan apakah stabil mas.... trus saya memakai motherboard DFI LP DX 790FXB-M2RS. Thanks atas infonya

Ooooo...gitu ya,,, yah gak pa2 lah, udah kebeli phenom sh,ternyata lebih nya intel gitu,,,
lagi an harga intel,,,,ckckckck,,,
mhal banget,,,,gimana pun amd ttap lbih ekonomis,,,,
harga terjangkau and power ny pn NGEJOOOSSS bnget dah

Post a Comment