Thursday, March 5, 2009

Ponorogo Dalam Budaya, Kuliner, dan wisata








gapura-reyogJaman sekarang ini siapa sih yang nggak kenal dengan kota Ponorogo yang sangat terkenal dengan kesenian Reyog. Dikota inilah aku tinggal bersama keluargaku. Sungguh menjadi kebanggaan tersendiri menjadi salah satu penghuni kota reyog ini.Walaupun ga tinggal di tengah kotanya..he2 :)


Reyog Ponorogo kini menjadi salah satu icon wisata jawa timur.Bahkan Ponorogo juga memboyong nama baik Indonesia di dunia Internasional dengan kesenian tradisional REYOG yang sudah nggak asing lagi dan biasa disebut dengan Reog Ponorogo. Kesenian tradisional dari kota tercinta ini memang unik dan menarik, jadi nggak heran kalau kesenian reyog ini banyak diminati oleh setiap orang di Indonesia bahkan di Manca negara.



dsc_0158Sebentar lagi tahun baru hijriah atau 1 Muharam (1 Suro) akan datang. Pada saat menjelang tanggal 1 Suro kota Ponorogo menyelenggarakan GREBEG SURO yang sudah menjadi acara rutin disetiap tahun. biasanya 5 – 1 minggu sebelum tanggal 1 Suro Ponorogo sangat ramai sekali dikunjungi wisatawan-wisatawan dari luar kota, karena di Ponorogo sedang melangsungkan acara Festival Reyog Nasional dan pada tahun ini Grebeg suro akan dirayakan pada tanggal 23 sampai dengan tanggal 29 Desember 2008, pembukaan Festival Reyog Nasional akan dibuka pada tanggal 23 Desember 2008 pada Pukul 19.00.  Acara itu pasti ramai sekali karena berbagai macam atraksi berupa tarian Tradisional dan aneka hiburan serta pesta kembang api akan memeriahkan perayaan Grebeg Suro ini.



grebeg-suro-12Nanti Sehari sebelum tanggal 1 Suro akan diadakan Kirab Pusaka (biasanya kirabnya sore) yang seperti biasa Pusaka (pada jaman kerajaan wengker) diarak bersama-sama dari kalangan pelajar, masyarakat hingga para pejabat pemkab Ponorogo dengan menggunakan kereta-kereta kuda yang dimulai dari makam Batoro Katong (pendiri kota ponorogo) yang terletak di desa Setono sekitar Pasar Pon yang merupakankota lama dan menuju ke Pendopo Kabupaten Ponorogo.


Pada malam harinya di aloon-aloon ponorogo Festival Reyog Nasional memasuki babak Final. Pada malam tanggal 1 Suro ini penduduk Ponorogo selalu melakukan kegiatan melekan ( tidak tidur semalaman) karena mereka tidak mau  melewatkan malam pergantian tahun ini, dan biasanya orang-orang ini akan berjalan kaki menuju aloon-aloon kota untuk sekedar melihat keramaian dan menikmati hiburan seperti orkes dangdut, campur sari, wayang kulit, acara musik anak muda, pameran tanaman hias, pasar malem di aloon-aloon dan hiburan lainya yang digelar selama semalam suntuk.


a_060314_danau09keesokan paginya pas tanggal 1 Suro ada acara Larung Risalah Do’a di Telaga Ngebel, dimana nasi tumpeng dilarung ketengah-tengah telaga. Telaga Ngebel ini merupakan salah satu tempat wisata yang menjadi andalan kota Ponorogo, Udara yang sejuk serta warna air telaga yang biru membawa perasaan yang damai dan tentram bila sedang berada di sana.


telaga Ngebel ini sebenarnya cukup bagus untuk dikunjungi karena pemandanganya yang menarik dan indah namun karena pengelolaan yang kurang optimal menjadikan tempat wisata ini tidak begitu di kunjungi wisatawan.


dsc_0259Kalau masalah Kuliner di Ponorogo nggak  kalah lezatnya dengan masakan modern jaman sekarang. Sate Ponorogo enaknya memang tiada duanya, satenya sih hampir sama dengan dengan kebanyakan sate-sate yang lainya, yang menjadi ciri khas sate Ponorogo ini adalah Potongan daging yang pipih memanjang, jadi dalam satu tusuk sate hanya terdiri 1 atau 2 potong daging saja. Sate Ponorogo memiliki ukuran dua kali ukuran sate madura, Bumbunyapun rasanya lebih nikmat. Kalau anda sedang berkunjung ke Ponorogo jangan lupa untuk mencicipi lezatnya sate khas Ponorogo ini disekitar pertigaan jalan Gajah Mada, Jalan Soekarno-Hatta dan Jalan Jend. Sudirman atau tepatnya di depan BCA Ponorogo terdapat berderet-deret penjual sate.


pecelAda juga Nasi Pecel Khas Ponorogo, memang masih terbawa nuansa Madiun tapi pecel Ponorogo nggak kalah lezatnya. Bumbu sambal kacangnya pedasnya mantab banget, untuk melengkapi nasi pecel ini biasanya dengan trasi dele/ lentho yang terbuat dari ketela (bukan Gaplek), rimbil yang terbuat dari parutan kelapa, tempe goreng dan rempeyak ehmmm…. lezat  :)   nasi pecel yang sering dikenal di Ponorogo ini yaitu nasi pecel tumpuk yang tempatnya da dijalan kawung desa Mangunsuman.



dawet-jabungUntuk yang segarnya mantab ada Dawet Jabung, dawet ini cocok dinikmati dalam segala suasana, terutama ketika terik matahari ehm….segerrrrrr pastinya :)   harganyapun sangat murah hanya Rp. 1000 untuk sebuah kesegaran yang sangat khas dan nikmat. daerah yang sangat terkenal dengan dawetnya ini yaitu desa Jabung, sekitar 7 km selatan kota antara jeruksing - jetis dekat dengan Pondok Modern Darussalam Gontor.



Selain kesenian Reyog yang sangat tersohor keberadaanya, Ponorogo juga nggak mau kalah didunia teknologi dan informasi. buktinya dengan begitu menjamurnya bisnis warnet di kota reyog ini, dan itu membuktikan bahwa permintaan atau pengguna internet sangat besar. Salah satu yang menjadi bukti bahwa kota ponorogo maju dalam bidang teknologi dan informasi adalah adanya Komunitas online yang ada di Ponorogo. Yaitu tempat ngumpulnya temen-temen blogger ponorogo yang disebut Blogger warok tempatnya disini nih www.kotareyog.com (jangan lupa di klik ) dan juga forum tempat ngumpulnya anak-anak ponorogo disini http://forum.ponorogozone.com/ (jangan lupa berkunjung kesini juga yach).


lengkap sudah apa yang dimiliki kota ponorogo ini, baik dari kesenian, pariwisata, makanan khas dan lain sebagainya yang tentunya tidak semua kota memiliki semua ini. Itulah yang menjadi kebanggaan tersendiri menjadi salah satu anak ponorogo.


Sekilas tentang Ponorogo














366494176_f8be29205a1366494175_c4fa7fa2741


Gapura reyog ini terletak pada km 8 dari Ponorogo menuju arah madiun. pada sisi kiri dan kanan gapura terdapat dua pasukan Reyog yang seakan-akan mau bertarung


kantor-pemkab-ponorogo1


Mewah, kantor Bupati Ponorogo Bangunan ini tidak ada unsur tradisi Reyognya














374975909_9a0422e61a2374975914_c18e2b489d2


disetiap sudut kota Ponorogo masih sangat banyak dijumpai rumah dengan arsitektur khas ini sebagai jejak-jejak orang kaya jaman dulu yang terkenal karena batiknya.


pasar-songgolangit


Sonngolangit adalah nama pasar di kota Ponorogo, nama itu dikaitkan dengan cerita Prabu Kelana Sewandana yang meminang Putri Kediri Dewi Sangga langit














patung-di-perempatan-ponorogo1366494178_aab44e3bf51


Hiasan Patung Warok di Perempatan Kota Ponorogo


masjid-ahung-ponorogo-dan-menara


Masjid Agung Ponorogo dan Menaranya


taman-kota-tampak-dari-atasblok-macan


taman kota tampak dari atas














penjual-sate1366550354_ff729312641


sate ayam ponorogo memang special, sambal kacangnya gurih dan bumbu celupan satenya yang bikin beda


kalau membeli sate dan mau dibawa pulang bisa dengan diwadahi besek (anyaman bambu) bisa tahan sampai 2 hari


gapura-masuk-arena-makan-batoro-katong


Gapura Pintu masuk ke arena makam Batara Katong (Pendiri kota Ponorogo)





















grebeg-suro-091grebeg-suro-111


grebeg-suro-181grebeg-suro-171



Iring-iringan pada saat kirab pusaka Grebeg Suro



02112008395ngebel-13


Panorama keindahan Telaga Ngebel



Sumber Beritanya Dari: meylya dot com


19 comments:

thanks...

smoga usahamu ini bermanfaat coy....!!

Ponorogo tetaplah menjadi kebanggaanku,dr jauh aq sll merindukanmu,smg thn dpn aq bs plg kampung

cute! thank you.



you can also read it in my car blog

I do not even know how I stopped up here, however I assumed this publish used to be great. I do not know who you are however certainly you're going to a well-known blogger should you aren't already ;) Cheers!

Am new here, got to mazblend.wordpress.com by searching yahoo and really like it here, will enjoy my stay for sure hehe :)

p.s. If anyone is also interested in
copyright watch you can look my signature

An interesting discussion is worth comment. I think that you should write more on this topic, it might not be a taboo subject but generally people are not enough to speak on such topics. To the next. Cheers

Youre so cool! I dont suppose Ive read something like this before. So nice to seek out somebody with some authentic ideas on this subject. realy thank you for starting this up. this web site is one thing that is wanted on the web, someone with a little bit originality. helpful job for bringing one thing new to the internet!

Hi,

I’m new to the forum and just saying hello.

My coder is trying to persuade me to move to .net from PHP. I have always disliked the idea because of the expenses. But he's tryiong none the less. I've been using WordPress on various websites for about a year and am concerned about switching to another platform. I have heard good things about blogengine.net. Is there a way I can import all my wordpress content into it? Any help would be really appreciated!

Greetings!
Checked your article by Google.
It's quite newsworthy! Keep that good touch and write more!

Added you to my favorites and will definitely come back later to find fresh stuff by you!

See ya

|Spot on with this write-up, I actually suppose this internet website wants a lot more consideration. I'll most likely be once more to learn rather much more, thanks for that info.

Hey there! This is my first visit to your blog! We are a group of volunteers and starting a new initiative in a community in the same niche. Your blog provided us valuable information to work on. You have done a outstanding job!

So glad to visit your blog ,Great ! One more thing,plz visit my websites:Knife,LED Flashlight,LED Headlamp

Discovered your website on Google today and really loved it.. I filed as a favorite it and will be back to check it out some more later . Excellent work once again! I am looking forward for your next post. I work in a company developing Tienda Virtual

This Looks like awesome forum or is this a blog? Sorry I am a newbie.
__________________________________
Dayton Roofing

Hiya folks,

I'm organizing a vacation to Israel this summer and i wondered what is the scene like with regards to escort service in Israel? I have read countless posts from all over the internet however i failed to obtain a lot of info on the subject. Anyhow, are there any strip clubs? are there any escort girls in Israel whatsoever? any ideas where to find escort service in Israel?

UPDATE:
I have came across this escort angecy that provide Escort Service In Israel, however i dont know if the photos are genuine? what do you think, any kind of tips?

http://0503500010.com/images/promo/shely-0503500010.jpg

Titip rindu buat Ponorogo... 10 tahun sudah aku tinggalkan.

Post a Comment